Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Seni manipulasi foto digital sangatlah banyak dan bervariasi, dari yang sederhana hingga yang kompleks dan rumit. Nah, pada edisi kali ini kita akan mencoba membuat salah satu manipulasi foto menggunakan aplikasi CorelDraw. Meskipun berbasis vektor, CorelDraw juga bisa digunakan untuk membuat karya digital seperti yang ada di bawah ini, meskipun tentunya hasilnya tidak bisa sebagus aplikasi pengolah foto seperti Adobe Photoshop. 
Source
Untuk memulai memanipulasi foto menjadi karya digital seperti diatas, persiapkan dahulu foto yang akan dirubah. Jika sudah siap, langsung saja buka aplikasi CorelDraw dan persiapkan bidang area kerja yang akan digunakan. Start > Program > CorelDraw X7, kemudian klik dan buka dokumen baru. Rubah ukuran sesuai kenginan. Disini kita akan menggunakan ukuran 800 x 800 piksel.
Kalau sudah siap, langkah selanjutnya adalah membuat objek kotak dengan ukuran yang sama dengan bidang kerja, yaitu berukuran 800 x 800 piksel dengan cara melakukan dobel klik pada menu bar yang menunjukkan fungsi Rectangle Tool. Jika sudah maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
Jika objek kotak sudah tersedia, maka warnailah objek kotak tersebut menjadi warna hitam. Pilih warna hitam di menu Palette Tool, di bagian atas area kerja (atau di samping kanan). 
Setelah objek kotak menjadi berwarna hitam selanjutnya pilih Text Tool untuk membuat tulisan. Tulisannya bisa apa saja, bebas. Bisa potongan novel atau bahkan tulisan sembarang tak beraturan. Kemudian ubah warna tulisan ke warna-warna cerah.
Setelah objek menjadi seperti di atas, cari foto yang akan digunakan. Usahakan fotonya tidak berwarna alias hitam putih agar lebih mudah. Kalau fotonya sudah tersedia langsung gunakan menu File > Import dan tempatkan foto di atas objek.
Pilih objek foto dengan cara mengeklik foto kemudian pilih Transparency Tool yang ada di menu bar. Kemudian pilih Substract. Kalau tidak ada Substract pilih Multiple. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini. 
Kalau sudah sampai ke langkah selanjutnya, pilih objek teks di atas. Kemudian rubah menjadi ke bitmap. Cari menu bitmap di bagian menu bagian atas, Bitmaps > Convert to Bitmap. Atur dialognya sesuai kebutuhan. Kalau sudah klik OK.
Setelah itu atur transparansi teks tersebut dengan menggunakan Transparency Tool kemudian atur transparansinya agar tidak terlalu terang. Seperti dibawah ini.
Kalau sudah, cari lagi menu Bitmaps > Distort > Displace. Kemudian atur kotak dialog sesuai dengan contoh di bawah ini kemudian klik OK. Pengaturan seperti itu akan membuat tulisan mengikuti lekukan-lekukan gelap terang yang ada di foto.
Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
Kalau sudah sampai ke tahap ini langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tulisan dengan ukuran objek background hitam yang pertama kali kita buat. Cukup gunakan menu Crop dengan cara seleksi tulisan dan background kemudian klik Crop di bar bagian atas. Hasilnya akan seperti ini.
Hasil akhirnya akan menjadi seperti di bawah ini. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan foto hitam putih dengan resolusi yang cukup sehingga nanti hasilnya akan lebih baik. 
Nah, itulah cara cepat membuat tipografi wajah menggunakan CorelDraw. Hasilnya memang tidak sebagus dengan Photoshop tetapi cukup lumayan untuk memerbarui foto profil akun sosial media. Komentar serta caci maki bisa ditulis di kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib