Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Merubah background foto menggunakan CorelDraw? How? 

Bukankah CorelDraw adalah aplikasi pengolah file grafis berbasis vektor, sementara foto merupakan file berbasis bitmap? Bukannya ada Adobe Photoshop, yang lebih keren dan expert yang bisa digunakan untuk mengedit foto?

Yaaa, memang. Tapi kenapa tidak? Meski CorelDraw adalah aplikasi pengolah file vektor, sebenarnya bisa juga digunakan untuk mengedit foto. Dengan catatan meskipun hasilnya tidak sebagus aplikasi pengolah foto seperti Adobe Photoshop, misalnya. 

Nah, oleh karena itu tidak ada salahnya menggunakan CorelDraw untuk mengedit background foto, terutama pas foto. Oleh karena itu mari kita coba belajar bagaimana cara untuk merubah background foto. Contoh yang akan digunakan disini adalah pas foto.

Cara Merubah Background Foto Menggunakan CorelDraw (CorelDraw X7)

Persiapkan bidang area yang akan digunakan untuk mengedit foto. Atur semua yang memang perlu dirubah, misal satuan ukuran (secara default menunjukkan satuan mm, biasanya untuk pas foto menggunakan cm). 

Kemudian cari foto di folder penyimpanan. Kalau sudah ketemu gunakan perintah File>Import, atau drag file langsung dari ruang penyimpanan ke bidang area kerja di CorelDraw.

Langkah selanjutnya adalah memotong foto sesuai ukuran yang diinginkan. Pas foto biasanya berukuran 2 x 3, atau 3 x 4, atau 4 x 6 dengan satuan sentimeter (cm), maka kita harus membuat objek kotak berukuran salah satu ukuran diatas. Kita mengambil ukuran 4 x 6. Perhatikan lingkaran merah untuk merubah ukuran.

Sementara untuk membuat bidang kotak bisa dipilih dari sidebar di sebelah kiri. 

Kemudian untuk memotong foto agar sesuai dengan yang telah kita tentukan ukurannya tadi, tempatkan objek kotak diatas objek foto. Seperti gambar di bawah ini. Atur agar posisi objek di dalam foto benar-benar berada di tengah. Kalau sudah berada pada posisi di bawah ini kemudian tinggal kita pilih objek yang ada di dalam objek kotak yang telah kita buat.

Untuk memilih objek yang kita inginkan, yang harus dilakukan adalah memilih kedua objek, baik itu objek kotak dan objek foto. Untuk mengetahui kedua objek telah terpilih bisa klik objek kotak kemudian klik objek foto sambil menahan tombol Shift pada keyboard. Jadi untuk memilih multiple objek bisa menggunakan Shift + Klik Objek yang diinginkan. Hasilnya seperti ini.

Setelah kedua objek terpilih maka langkah selanjutnya adalah menggunakan perintah Intersect. Perhatikan lingkaran merah. Menu itulah yang akan kita klik untuk menggunakan fungsi Intersect.


Kalau sudah, tinggal klik menu Intersect tersebut dan hapus objek foto sehingga hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.
Untuk objek kotak jangan dihapus dulu karena nanti akan berguna sebagai border atau batas background. Langkah selanjutnya adalah membuat background. Untuk membuat background foto tersebut yang perlu dilakukan adalah membuat garis batas atau border baru. Caranya adalah menggunakan fungsi B-Spline yang ada di bar.

B-Spline adalah fungsi yang memungkinkan kita membuat objek dengan cara klik geser klik geser sehingga menjadi objek yang sesuai dengan objek yang akan kita kerjakan. Biasanya fungsi ini digunakan untuk menge-trace suatu objek. Setelah kita buat maka hasilnya akan seperti ini.

Kalau sudah menjadi objek seperti diatas, sekarang tinggal memberi warna background sesuai keinginan kita. Misal kita akan memberi warna biru pada background, maka yang akan kita lakukan adalah menggunakan menu Smart Fill Tool pada bar. 

Klik menu tersebut kemudian pilih warna yang akan digunakan. Setelah di-klik maka pengaturan menu Smart Fill Tool akan muncul di sebelah atas. Pada Fill Option nanti kita klik kemudian kita pilih warna yang kita inginkan.


Klik warna biru, kemudian kursor akan berubah menjadi simbol plus (+). Kalau sudah menjadi simbol tersebut berarti tinggal kita pakai pada objek. Klik pada area background. Maka hasilnya akan seperti ini.

Kalau sudah seperti itu tinggal kita hapus garis batas antara foto dan background kemudian hilangkan garis batas objek secara keseluruhan. Maka hasilnya akan seperti ini. Untuk menghilangkan garis batas objek secara keseluruhan maka ganti dulu kursor ke Pick Tool, yang berbentuk panah seperti kursor biasa. Kemudian pilih menu Outline Width dan pilih None.

Dan inilah hasilnya. Mudah bukan merubah background foto menggunakan CorelDraw? Memang tidak serapih menggunakan Photoshop tetapi mungkin bisa menjadi alternatif bagi siapapun yang lebih akrab menggunakan CorelDraw daripada Photoshop. 


Tidak terlalu buruk, kan?
Silahkan dipraktekkan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan melalui kolom komentar di bawah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib