Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Font merupakan salah satu unsur dalam dunia desain yang bisa membuat suatu tampilan visual menjadi lebih menarik. Penggunaan font yang tepat dan proporsional dalam suatu tampilan objek visual bisa menarik orang-orang untuk melihat objek tersebut. 
Poster, misalnya. Atau Flyer.

Namun seringkali, font yang tersedia di komputer atau font default tidak lengkap dan kurang menarik. Sementara untuk menggunakan font premium kita harus membeli lisensinya dulu baru bisa menggunakan font tersebut, khususnya untuk penggunaan bisnis.

Lalu, bagaimana mengakali hal tersebut?

Membuat custom font.

Membuat custom font ini bisa dengan dua cara: (1) memodifikasi font yang telah ada, dan yang kedua (2) membuat full custom font buatan kita sendiri.

Jadi, kita mulai dari yang pertama.

Membuat Custom Font Menggunakan CorelDraw
Membuat custom font menggunakan CorelDraw tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan sedikit memodifikasi font default dengan berbagai menu fungsi yang ada di CorelDraw, kita bisa membuat sendiri custom font yang sesuai dengan selera kita. 

(1) Membuat Custom Font Menggunakan Fungsi Envelope
Envelope adalah salah satu fungsi CorelDraw yang bisa kita pakai untuk memodifikasi font. Caranya sangat mudah. Kekurangannya adalah font yang dirubah bukan font per font, tetapi sebuah kata. Caranya, seleksi kata yang ingin dimodifikasi, kemudian pilih fungsi Envelope dan klik.
Kemudian sesuaikan bentuk yang diinginkan, dengan cara menarik titik-titik yang ada di batas pengaturan Envelope yang ada di kata yang diseleksi. Hasilnya akan seperti ini.

(2) Membuat Custom Font Menggunakan Fungsi Freehand Tool atau B-Spline
Freehand Tool dan B-Spline juga bisa digunakan untuk memodifikasi font. Kedua tool ini bisa ditemukan di deretan fungsi menu bar. Misalnya seperti di bawah ini. Kita menggunakan sebuah font yang bernama Edwardian Script ITC, kemudian kita tambah objek sesuai dengan keinginan kita.
Setelah itu kita tinggal gabungkan font dengan objek tersebut. Kita juga bisa pilih antara tetap menjadi dua objek terpisah, artinya objek font tetap menjadi font, atau font-nya kita rubah menjadi objek vector dengan cara kita pencet Ctrl+Q atau klik kanan > Convert to Curves. Disini kita akan merubah fontnya menjadi vektor sehingga benar-benar menyatu menjadi satu objek dengan objek tambahan yang telah kita buat tadi.

(3) Membuat Custom Font Menggunakan Fungsi Trim
Selain kedua tool di atas, membuat custom font juga bisa menggunakan fungsi Trim yang berada di bagian atas menu bar. 

Fungsi Trim ini adalah memotong objek menggunakan objek lainnya. Bisa berupa garis, kurva, ataupun objek lainnya. Font juga bisa dipotong menggunakan fungsi Trim ini tetapi nanti setelah terpotong font otomatis akan menjadi file vektor, bukan berupa font lagi. Untuk menggunakannya cukup seleksi kedua objek, kemudian klik icon Trim. Yang perlu diingat adalah objek yang digunakan untuk memotong harus berada di atas objek yang dipotong, atau objek yang memotong harus diseleksi terlebih dahulu baru seleksi objek yang dipotong. Selain itu pisahkan dahulu kata yang ingin dipotong menjadi per huruf dengan Ctrl+K.

Membuat Full Custom Font Menggunakan CorelDraw
Ingin membuat font yang tidak ada duanya? Buat saja full custom font, yang bisa kita kreasikan sendiri sesuai dengan imajinasi kita. Untuk membuat full custom font, tool yang dipakai biasanya adalah Freehand Tool, B-Spline, serta tool pembuat objek semacam Rectangle, Eclipse, ataupun Polygon Tool
Di bawah ini adalah beberapa full custom font yang dibuat menggunakan CorelDraw.
Source
Source


2 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib