Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Selain digunakan untuk membuat objek vektor, CorelDraw juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam efek pada objek yang telah dibuat. Salah satu efek yang sering digunakan dalam dunia grafis adalah efek emboss, atau efek yang membuat seakan-akan objek tersebut timbul pada suatu background atau latar belakang.
Source
Efek Emboss atau timbul ini sering digunakan untuk mempercantik suatu tampilan, logo misalnya. Tampilan logo yang menggunakan efek emboss akan terlihat seolah-olah logo tersebut sudah tercetak pada media yang digunakan sebagai background - sering juga disebut sebagai Mock Up. 

Membuat efek emboss dengan CorelDraw juga merupakan alternatif lain karena Photoshop juga bisa membuat efek ini. Namun sekali lagi, bagi yang lebih terbiasa menggunakan CorelDraw untuk mendesain sesuatu, cara mudah membuat efek emboss atau timbul menggunakan CorelDraw ini bisa dicoba.

Cara Mudah Membuat Efek Emboss Menggunakan CorelDraw
Yang pertama kita lakukan tentu saja mempersiapkan bidang area kerja yang akan digunakan untuk membuat objek timbul. Kemudian atur dan sesuaikan ukuran bidang area kerja. Disini kita akan menggunakan ukuran 500 x 500 piksel.
Kemudian kita buat Rectangle Tool dengan cara melakukan dobel klik pada fungsi Rectangle Tool pada menu bar agar kita tidak perlu mengatur ukurannya lagi karena otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran bidang area kerja.
Setelah itu kita beri warna background pada objek kotak yang baru saja dibuat. Klik salah satu warna pada menu Color Palette. Disini kita akan menggunakan warna abu-abu. Setelah itu kita buat tulisan menggunakan Text Tool pada menu bar. Klik dan ketikkan kata yang akan dibuat efek emboss. Hasilnya akan menjadi seperti ini.
Tempatkan tulisan di atas background seperti pada contoh. Setelah itu klik tulisan untuk menyeleksi objek tulisan, kemudian pencet Ctrl+Q atau klik kanan Convert to Curves untuk merubah tulisan menjadi objek kurva.
Setelah dirubah menjadi kurva, beri warna objek tulisan dengan warna yang sama dengan warna background, yaitu abu-abu. Langkah ini bisa dibalik, misalnya diberi warna dulu baru dirubah ke kurva. Dan hasilnya akan sama seperti ini.
Setelah itu, pilih pada menu bar bagian atas pilih Window > Dockers > Effect > Bevels. Pada kotak dialog yang muncul atur menjadi seperti contoh di bawah kemudian klik Apply.

Setelah klik Apply maka hasilnya akan menjadi seperti ini.
Kemudian pada menu pengaturan Bevel kita atur lagi dengan membalikkan warna Shadow Color dan Light Color menjadi seperti di bawah ini. Setelah itu klik Apply. Dan hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Itulah hasilnya membuat efek emboss atau timbul menggunakan CorelDraw. Kita bisa bereksperimen dengan pengaturan bevel sesuai dengan keinginan kita. Klik Apply untuk melihat hasilnya.Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib