Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Menu Extrude Tool pada CorelDRAW biasanya digunakan untuk membuat objek yang seolah terlihat seperti tiga dimensi. Namun untuk membuat objek tersebut benar-benar terlihat seperti objek 3D, kita akan menggabungkan fungsi Extrude serta mengatur fitur-fiturnya, Fill, dan Drop Shadow

Langkah Pertama
Tentu saja yang harus kita persiapkan adalah membuat area bidang kerja. Disini kita menggunakan bidang kerja berukuran 700 x 700 piksel. Setelah itu kita buat sebuah objek berupa objek kotak menggunakan fungsi Rectangle Tool. Klik icon Rectangle Tool atau pencet tombol F6 pada keyboard.
Setelah itu buatlah objek kotak secukupnya. Setelah itu beri warna sesuai keinginan. Disini kita menggunakan warna biru cerah. 

Langkah Kedua
Setelah kita mendapatkan objek utama yang akan kita Extrude, yang pertama kita lakukan adalah menyeleksi objek tersebut dengan cara mengeklik objek. Setelah itu pada Toolbox atau menu bar di sebelah kanan cari Extrude Tool.
Setelah ketemu langsung saja klik icon Extrude. Setelah fungsi Extrude aktif, maka seleksi di objek akan menghilang dengan berganti menjadi empat buah titik berwarna putih di keempat sudut objek. Untuk menggunakan Extrude, cukup klik dan drag ke salah satu arah, bisa kanan,kiri, atas, atau bawah.
Sebagai contoh kita akan menarik Extrude ke sudut kanan bawah seperti gambar di atas. Setelah kita tarik kemudian kita lepas klik pada objek yang kita buat tadi. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.
Selanjutnya kita bisa mengatur bentuk Extrude tersebut pada menu pengaturan yang ada di bar bagian atas.

Langkah Ketiga
Ketika kita sudah sampai di langkah ketiga, berarti kita sudah selesai menggunakan menu Extrude pada CorelDRAW. Lalu apakah sudah selesai? Belum, karena kita akan memoles objek yang telah di-Extrude ini dengan menggunakan menu lainnya agar terlihat lebih menarik. Agar warna Extrude berbeda dengan warna objek utama, klik icon Extrude Color di bagian bar atas.


Dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.


Langkah Keempat
Setelah seperti contoh di atas, pisahkan objek utama dengan objek Extrude dengan cara Ctrl+K atau klik kanan > Break Extrude Group Apart.
Setelah itu maka objek akan terpisah menjadi tiga seperti di bawah ini. 

Langkah Kelima
Nah, kita telah sampai di langkah kelima. Pada langkah ini kita akan memberi sentuhan akhir pada objek tersebut agar semakin terlihat seperti objek 3D. Namun sebelumnya kita akan menggabungkan kembali ketiga objek tersebut menjadi satu dengan cara Ctrl+Z atau Undo. Pada langkah ini kita bisa memberikan efek Drop Shadow pada objek agar terlihat semakin menarik.

Menu Drop Shadow bisa ditemukan di atas Extrude. Kalau sudah ketemu klik icon Drop Shadow kemudian terapkan pada objek yang telah kita buat tadi. Seperti di bawah ini. Bayangan bisa diatur pada menu Presets di bagian kiri atas.
Background bisa kita gunakan untuk memperjelas bayangan yang telah dibuat menggunakan menu Drop Shadow tadi. Hasil akhirnya akan menjadi seperti ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib