Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Bertemu lagi di #TutorialGiduh hari ini. Untuk edisi kali ini kita akan belajar membuat sebuah efek yang cukup menarik menggunakan CorelDRAW, yaitu membuat efek Halftone menggunakan CorelDRAW.
Sedikit tentang halftone yang akan kita pelajari hari ini. Halftone adalah semacam efek atau teknik yang membuat objek berkelanjutan yang umumnya berupa dots atau titik-titik dengan ukuran yang bervariasi.

Teknik ini sangat berguna untuk memberikan detail objek sehingga sangat cocok digunakan pada sebuah ilustrasi. Nah, tanpa berlama-lama kita langsung saja belajar membuat efek halftone menggunakan CorelDRAW bersama #TutorialGiduh.

Langkah pertama seperti biasa kita persiapkan bidang area kerja yang akan kita gunakan untuk membuat objek. Atur ukuran area kerja sesuai selera.
Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat objek lingkaran menggunakan Ellipse Tool di menu. Kita buat dua buah lingkaran yang ukurannya berbeda. Kalau sudah langsung kita gandakan kedua lingkaran tersebut dengan cara mengkopy objek tersebut (Ctrl+C) dan paste (Ctrl+V) kemudian tarik ke bawah. 
Selain objek lingkaran, kita juga harus membuat dahulu dua objek berupa garis.
Setelah itu, seleksi salah satu objek lingkaran kemudian cari dan klik Blend di menu. Setelah itu klik pada objek lingkaran, tahan dan tarik ke bawah sampai ke objek lingkaran di bawahnya. Lakukan pada lingkaran yang satunya.
Untuk mengatur jumlah lingkaran, bisa disesuaikan pada Property Bar di bagian atas. Disini kita menggunakan lingkaran berjumlah 50. Selanjutnya dalam masih terseleksi menggunakan Blend, kita klik New Path yang ada di bagian atas. Kemudian arahkan pada objek garis yang telah kita buat sebelumnya.
Kemudian dalam Property Bar kita pilih More Blend Option > Blend Along Full Path untuk membuat objek lingkaran memenuhi keseluruhan garis. Dan hasilnya akan seperti di bawah ini.

Lakukan pada kedua objek lingkaran sehingga hasilnya seperti di atas. Setelah menjadi seperti gambar di atas, seleksi semua objek dan pisahkan objek blend dengan memencet tombol Ctrl+K. Setelah itu lakukan Grouping (Ctrl+G) pada lingkaran kecil, dan lingkaran besar pada Group yang berbeda. Setelah itu lakukan lakukan Blend lagi sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini.
Setelah itu buang objek yang telah kita buat dengan cara men-Delete kedua garis tersebut. Sesuaikan bentuk yang diinginkan . Misalnya seperti di bawah ini.
Sekian untuk #TutorialGiduh edisi hari ini. Caci maki boleh, silahkan di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib