Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

CorelDraw sebenarnya merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis yang cukup lengkap. Selain itu juga mudah dipahami (yang ini tergantung kebiasaan sih). 


Oke untuk kali ini kita akan belajar membuat efek gold, alias emas baik itu pada tulisan ataupun pada objek berbentuk gambar menggunakan menu Contour dan gradasi pada CorelDraw. Masih sama dengan edisi sebelumnya, CorelDraw yang digunakan disini adalah CorelDraw X7.

Nah, langsung saja mari kita praktekkan cara membuat efek emas atau gold pada tulisan atau objek menggunakan menu Contour dan gradasi pada CorelDraw. 

Yang pertama persiapkan terlebih dahulu area kerja kosong pada CorelDraw. Atur semua hingga semua siap.

Kemudian yang akan kita rubah menjadi warna emas adalah tulisan saja, yang lebih cepat dan mudah. Untuk objek, langkah-langkahnya kurang lebih sama. Nah, kita akan menggunakan kata “Gold”. Pilih menu Text Tool pada sidebar atau pencet F8, maka otomatis kursor akan berkedip seperti ketika akan mengetik di Ms. Word. Ketik “Gold.”

Nah setelah itu warnai kata tersebut dengan warna Deep Yellow. Hasilnya akan seperti di bawah ini. 
Setelah itu cari di sidebar menu Contour, kemudian klik ikonnya. Menu Contour ini adalah menu yang akan membuat duplikasi objek sesuai dengan bentuknya namun ukurannya lebih besar. Kalau sudah, klik pada objek dan drag hingga keluar bayang-bayang objek kemudian lepas. Maka hasilnya akan seperti ini.



Atur Contour menjadi seperti ini.

Langkah selanjutnya adalah memisahkan objek hasil dari Contour tersebut menjadi dua objek terpisah. Klik pada objek hasil Contour, kemudian pencet pada keyboard Ctrl+K, atau klik kanan dan pilih Break Contour Group Apart, dan sekali lagi pencet pada keyboard Ctrl+U, atau klik kanan kemudian klik Ungroup Object.


Kalau sudah, tinggal warnai kedua objek hasil Contour tersebut dengan efek gradasi sehingga menghasilkan efek warna emas. Yang pertama adalah objek Contour pertama kita warnai dengan warna kuning biasa. Setelah itu pencet F11 pada keyboard untuk masuk ke pengaturan warna gradasi. Untuk warna kedua yang akan menjadi warna gradasi, klik pada warna kedua yang ditampilkan di display. Kemudian pilih warna yang sesuai. Klik OK.


Lakukan langkah yang sama pada objek Contour yang kedua. Atur hingga warna pada pengaturan gradasi menjadi seperti ini. Klik OK. 

Dan hasilnya adalah seperti di bawah ini. Tidak jelek kan? Tutorial ini adalah versi utak-atik yang mungkin malah menjadi cukup rumit. Tetapi tak ada salahnya dicoba, sebagai alternatif cara lain untuk membuat tulisan atau objek emas menggunakan CorelDraw.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib